Minggu, 11 Oktober 2015

Para Pendosa yang Mulia


Banyak diantara kita yang terkadang merasa 'ujub dengan ibadah yang kita lakukan. Karena rajin ke masjid misalnya, kita dengan bangga memvonis seorang teman "kafir" karena tidak mengikuti jejak langkah kita ke tempat ibadah. Bahkan, sering kali kita malas bergaul, apalagi jalan beriringan dengan saudara kita yang dalam tanda kutip sedikit ibadahnya.

Begitu hebatnya kita dalam keyakinan, padahal Tuhan sedang menguji ketulusan ibadah kita. Memang, ibadah yang rajin sangat ditekankan. Namun, jangan sampai ibadah yang kita lakukan sia-sia karena sombong dan ketakaburan kita.

Alkisah, pada suatu hari ada seorang khali' atau ahli maksiat tengah berjalan di suatu tempat, kemudian ia melihat seorang 'abid atau ahli ibadah dari kaum Bani Israil. si khali' tadi tiba-tiba menghampiri si 'abid seraya bergumam, "Bolehkah aku duduk di dekatmu, Wahai Ahli Ibadah? semoga dengan saya duduk di dekatmu Tuhan akan merahmatiku!" Kemudian si 'Abid pun menjawab, "Aku ahli ibadahnya kaum Bani Israil, sementara kamu adalah ahlinya maksiat, jadi aku tidak layak dudukmu!" ungkapnya seraya menendang kursi tempat si Khali' duduk.

Kemudian Tuhan berfirman kepada Nabinya kaum Bani Israil, "Perintahkanlah kepada kedua orang itu, Si Khali' dan si 'Abid supaya beribadah sungguh-sungguh kepadaku. Hari ini juga aku telah mengampuni dosa-dosa si Khali' dan menghapus semua amal ibadah si 'Abid karena kesombongannya."

Kisah di atas saya kutip dari beberapa referensi dengan pengembangan saya sendiri untuk lebih memudahkan memahami maknanya, dapat kita tarik kesimpulan bahwa betapa meruginya seorang ahli ibadah yang dengan kesombongannya, Tuhan pun murka kepadanya.

Oleh karena itu, marilah kita perbaiki diri supaya jangan sampai dengan ibadah yang kita kerjakan menjadi sia-sia karena sikap dan perbuatan kita kepada sesama. Kepada para ahli maksiat, marilah kita berbenah bersama untuk segera bertaubat dengan sungguh-sungguh, karena rahmat Tuhan pasti akan tercurah selama jiwa-jiwa kita merasa takut akan siksa-siksa-Nya. Semoga bermanfaat!

(10/10/2015)

Bagikan

Jangan lewatkan

Para Pendosa yang Mulia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.